oleh

Randis Pemda Konut Tunggak Pajak Sejak 2014, BKAD Target Lunasi Tahun Ini

Reporter: Supriyadin Tungga

KONUT – Badan Keuangan Aset Daerah (BKAD) Kabupaten Konawe Utara (Konut) menargetkan bisa segera melunasi tunggakan pajak kendaraan dinas (Randis) milik Pemda di tahun ini.

Kabid Aset BKAD Konut, Ruri Kurniawan menuturkan, tunggakan pajak Randis ini pertama kali disinggung pelaksana jabatan (Pj) Bupati Konut,Yusuf Mundu, yang juga Kepala Bapenda Provinsi Sultra.

“Dari pendataan dan identifikasi Randi untuk di tindaklanjuti melalui BKAD, tunggakan pajak baik roda dua maupun roda empat data pajak itu mulai tahun 2014,” ungkap Ruri kurniawan.

Menurutnya, dari hasil pendataan juga diketahui, jika dinas umunnya enggan membayarkan pajak Randis, karena data Randis yang ada di instansi berbeda denga Randis yang ada di dinas tersebut.

“Pajaknya itu dimasukan ke dinas masing-masing, dan tapi dinas tidak mau bayar pajak nya karena dia punya kendaraan bukan mereka yang pake tapi di pake oleh dinas lain,” ungkapnya.

Atas kondisi tersebut, lanjutnya, tahun ini diputuskan akan menarik semua dana untuk bayar kendaraan pajak di BKAD, dan dananya saat ini sudah siap untuk direalisasikan berkisar Rp 1,2 miliar.

“Kami kerjasama dengan Samsat supaya data Randis yang belum membayar pajak itu bisa didudukan, diskusikan dan kita laksanakan bersama, karena anggaran sudah siap,” terangnya.

Dirinya juga berharap, setelah proses pelunasan dan pendataan ulang Randis yang ada di dinas-dinas, maka pajaknya tidak lagi menunggak dan bisa dilakukan penulasan dengan tepat waktu.

“Para kepala dinas pasca pelunasan agar memperhatikan kendaraan maupun pembayaran pajaknya. Untuk semua kepala dinas jangan Cuma gunakan Randis tapi juga bayar kewajiban pajaknya,” pungkasnya. /B

Terkini