oleh

Pemda Konut Bakal Kucurkan BLT Pendidikan ke Mahasiswa

Reporter : Mumun

WANGGUDU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) bakal memberikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Pendidikan untuk para mahasiswa asal daerah tersebut.

Rencana ini diungkapkan, Bupati Konut Ruksamin dalam rapat di Posko Utama Pencegahan Covid-19 di Aula Dinkes Selasa 26 Mei 2020.

Dalam rapat tersebut Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Konut diperintahkan untuk mendatan seluruh mahasiswa di daerah tersebut. untuk diberikan bantuan.

Ruksamin menjelaskan, Pemkab Konut akan mengucurkan BLT Pendidikan bagi mahasiswa selama tiga bulan ke depan. Menurutnya, bantuan itu diberikan, karena mahasiswa juga terdampak pandemi Covid-19.

“Yang namanya mahasiswa dari Konawe Utara, mau DIII atau SI catat semua, kita kasih semua,” terang Ruksamin.

Mantan Ketua DPRD Konut ini juga menuturkan, saat ini seluruh mahasiswa diminta belajar dari rumah atau secara online. Sehingga membutuhkan biaya koneksi internet untuk dapat mengakses pembelajaran.

“Kita kasih semua Rp 500 ribu per mahasiswa. Kadis PK minta datanya dari Camat. Camat minta data dari desa semua. Habis itu verifikasi semua. Saya tidak mau ada lagi satu desa yang tidak dapat, tanpa terkecuali,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dikbud Konut, Lapeha mengatakan perintah bupati akan segara dilaksanakan. “Paling lambat minggu pertama bulan depan kita realisasikan. Kita validasi data dulu kemudian tunggu SK Bupati tentang penetapan, kita langsung kucurkan,” katanya.

Menurut Lapeha, berdasarkan data diinstansinya, saat ini ada sekitar 2500 lebih mahasiswa asal Konut. “Syaratnya untuk dapat BLT Pendidikan itu KTP Konut dan surat keterangan aktif kuliah atau slip pembayaran SPP yang terakhir ini,” pungkasnya.

Terkini