oleh

Pemda Konut Bakal Digitalisasi Pengelolaan Koperasi pada 2021

Reporter : Supriyadin Tungga

KONAWE UTARA – Dalam upaya meningkatkan produktivitas usaha UMKM saat pandemi Covid-19, Pemerintah Kabupaten Konawe Utara melalui Dinas Koperasi dan UMKM akan mendigitalisasi pengelolaan koperasi di wilayahnya.

Untuk tahap awal, tiga koperasi akan dijadikan percontohan pengelolaan koperasi secara digital secara kelembagaan dan usahanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Konawe Utara, Achmad mengatakan, program yang menjadi prioritasnya pada tahun 2021 ini menindaklanjuti instruksi Menteri Koperasi dan UKM yang mengharapkan digitalisasi di sektor perikanan, peternakan, dan perkebunan.

“Keunggulan dari program koperasi digital ini memudahkan masyarakat untuk melakukan penjualan. Misal hasil pertanian, perikanan, dan lainya tidak perlu lagi diperdagangkan di pasar, tetapi tinggal langsung komunikasi ke pusat untuk diekspor,” terang Achmad di ruang kerjanya pada Senin, 18 Januari 2021.

Meski difokuskan di tiga sektor, Achmad mengaku juga akan terus mendukung koperasi yang telah ada sebelumnya, seperti KUD, KSU, KSP dan lainmya dengan terus memberikan pelatihan dan penyuluhan agar semuanya tetap berjalan sesuai bidangnya.

Ia berharap, untuk para pengusaha pemula yang mendirikan usaha secara resmi maupun tidak agar pintar membaca peluang bisnis.

“Sebagai bentuk kepedulian kami, nantinya dari Dinas Koperasi dan UMKM Konawe Utara sendiri akan terus membimbing dan memberikan pelatihan sampai bisa memberikan rekomendasi untuk mendirikan lembaga resmi,”tutupnya. (b)

Terkini