oleh

Hujan Deras, Sungai Lambudoni Konut Mulai Meluap

Reporter: Mumun

WANGGUDU – Hujan deras yang melanda wilayah Kabupaten Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis malam 7 Mei 2020 berdampak meluapnya sungai Lambudoni di Kecamatan Andowia.

Kepala Bidang Kedaruratan BPBD Konut, Djasmiddin mengatakan, hujan yang turun cukup deras itu hanya sekitar dua jam lebih, namun sudah mampu meluapkan salah satu sungai di Kecamatan Andowia.

“Ada tiga rumah yang kebanjiran, tapi airnya sudah mulai surut. Moga tidak hujan lagi,” katanya melalui sambungan telepon, Kamis malam 7 Mei 2020 pukul 22.00 Wita.

Lanjutnya, selain itu di Desa Banggarema, Kecamatan Andowia juga terjadi banjir bandang dan melanda tiga rumah.

“Setelah saya naik tadi cek sudah kering airnya. Kali mati sebenarnya disitu,” ujarnya.

Djasmiddin menambahkan, jika intensitas hujan terus mengguyur wilayah itu dikhawatirkan sungai Lambudoni meluap maka sungai Lasolo juga akan ikut meluap.

“Kita khawatirkan itu, karena yang akan dihantam duluan itu Desa Labungga dan jelas pasti terendam,” terangnya.

Untuk warga tiga rumah di Desa Lambudoni, hingga malam ini belum mengungsi karena airnya perlahan surut. Dan warga mulai membersihkan.

Namun, pihak BPBD telah menyampaikan kepada warga jika hujan terus turun diminta untuk secepatnya mengungsi ke tempat yang aman.

“Kalau ini hujan bertambah bukan hanya tiga rumah. Karena di sana itu ada beberapa rumah yang terancam, sedikit lagi dan kami masih pantau sekarang. Kaki tidak lepas. Sama di sungai Lasolo ada anggota kami yang pantau,” tutupnya.

Terkini